Ekosistem | Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan materi USBN mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) kelas 9 yang sudah disajikan secara ringkas. Semoga materi yang admin bagikan ini dapat membantu peserta didik dalam memahami materi tentang ekosistem. Dan harapannya dengan adanya materi ini dapat memberikan dampak yang positif dan memudahkan peserta didik dalam menyiapkan diri mengikuti Ujian Nasional.
EKOSISTEM
1. Satuan-satuan Ekosistem
Kesatuan interaksi antara organisme dengan lingkungannya disebut ekosistem. Satuan ekosistem adalah sebagai berikut:
a. Individu, yaitu satu makhluk hidup tunggal.
b. Populasi, yaitu kumpulan makhluk hidup sejenis (satu spesies) yang hidup dalam suatu habitat dalam satu satu waktu.
c. Komunitas, yaitu kumpulan dua atau lebih populasi dalam suatu habitat.
d. Ekosistem, yaitu kumpulan komunitas dengan habitatnya yang saling berinteraksi.
e. Biosfer, yaitu lingkungan yang dibentuk oleh keseluruhan ekosistem yang ada di bumi. Biosfer terdiri atas hidrosfer (ekosistem perairan), litosfer (ekosistem daratan), dan atmosfer.
2. Komponen Ekosistem
a. Komponen abiotik
Komponen abiotik terdiri atas benda makhluk hidup. Makhluk hidup tidak lepas dari benda tak hidup. Dalam suatu ekosistem, ada beberapa faktor abiotik yang mempengaruhi makhluk hidup, misalnya cahaya matahari, air, gas dan mineral, serta suhu.
b. Komponen biotik
Komponen biotik dalam suatu ekosistem mencakup semua makhluk hidup yang hidup dalam ekosistem tersebut. Komponen biotik dibedakan mernjadi tiga kelompok, yaitu sebagai berikut.
- Produsen, yaitu makhluk hidup yang mampu membuat makanannya sendiri. Contohnya, tumbuhan hijau dan fitoplankton. Tumbuhan merupakan produsen di daratan, sedangkan fitoplankton merupakan produsen di perairan.
- Konsumen, yaitu makhluk hidup yang mendapatkan makanan dengan cara memakan makhluk hidup lain.
- Pengurai, yaitu makhluk hidup yang mendapatkan makanan dengan cara menguraikan sisa tubuh makhluk hidup yang telah mati.
Organisme yang dapat membuat makanan sendiri disebut organisme autotrof, sedangkan organisme yang tidak dapat membuat makanan sendiri disebut organisme heterotrof. Berdasarkan makanannya, organisme dibagi menjadi tiga jenis, yaitu sebagai berikut.
1) Herbivor, yaitu pemakan tumbuh-tumbuhan.
2) Karnivor, yaitu pemakan hewan.
3) Omnivor, yaitu pemakan segala.
3. Saling Ketergantungan Antarkomponen Biotik
a. Rantai makanan (food chain) adalah rangkaian proses makan dan dimakan dengan urutan tertentu yang ditunjukkan dengan satu arah. Contoh: tumbuhan → kelinci → ular → elang → pengurai.
b. Jaring-jaring makanan (food webs) adalah gabungan dua atau lebih rantai makanan yang saling berhubungan satu sama lain.
c. Piramida makanan adalah urutan biomassa pada rantai makanan yang saling berhubungan satu sama lainnya.
4. Pola Interaksi Makhluk Hidup
a. Predasi adalah interaksi antara pemangsa (predator) dan mangsa (prey). Contohnya, tikus dengan ular atau kijang dengan harimau.
b. Netralisme adalah hubungan yang tidak saling mempengaruhi, meskipun organisme-organisme yang terlibat hidup pada habitat yang sama. Contohnya, kambing pemakan rumput dan katak memakan serangga. Kambing dan katak tidak saling mempengaruhi.
c. Kompetisi adalah bentuk interaksi yang terjadi pada dua individu yang sejenis atau berbeda jenis untuk memperebutkan satu hal yang sama. Contohnya, persaingan antara kerbau dengan kambing di padang rumput yang sama.
d. Simbiosis adalah hubungan dua individu yang berbeda yang secara obligat dan mengikat. Simbiosis dibedakan atas tiga, yaitu:
3. Saling Ketergantungan Antarkomponen Biotik
a. Rantai makanan (food chain) adalah rangkaian proses makan dan dimakan dengan urutan tertentu yang ditunjukkan dengan satu arah. Contoh: tumbuhan → kelinci → ular → elang → pengurai.
b. Jaring-jaring makanan (food webs) adalah gabungan dua atau lebih rantai makanan yang saling berhubungan satu sama lain.
c. Piramida makanan adalah urutan biomassa pada rantai makanan yang saling berhubungan satu sama lainnya.
4. Pola Interaksi Makhluk Hidup
a. Predasi adalah interaksi antara pemangsa (predator) dan mangsa (prey). Contohnya, tikus dengan ular atau kijang dengan harimau.
b. Netralisme adalah hubungan yang tidak saling mempengaruhi, meskipun organisme-organisme yang terlibat hidup pada habitat yang sama. Contohnya, kambing pemakan rumput dan katak memakan serangga. Kambing dan katak tidak saling mempengaruhi.
c. Kompetisi adalah bentuk interaksi yang terjadi pada dua individu yang sejenis atau berbeda jenis untuk memperebutkan satu hal yang sama. Contohnya, persaingan antara kerbau dengan kambing di padang rumput yang sama.
d. Simbiosis adalah hubungan dua individu yang berbeda yang secara obligat dan mengikat. Simbiosis dibedakan atas tiga, yaitu:
- Parasitisme adalah hubungan antara dua organisme yang berbeda jenis dengan keuntungan di salah satu pihak dan pihak lain yang dirugikan. Contohnya, benalu dan tali putri dengan tanaman inang.
- Mutualisme adalah interaksi yang saling menguntungkan kedua pihak. Contohnya, lebah dan bunga.
- Komensalisme adalah interaksi yang hanya menguntungkan satu pihak saja, sedangkan pihak lain tidak diuntungkan maupun dirugikan. Contohnya, tanaman anggrek dengan inang.
e. Antibiosis adalah interaksi organisme ketika salah satu organisme menghambat pertumbuhan organisme lain. Contohnya, Penicillium sp. menghasilkan zat yang menghambat pertumbuhan bakteri.
Contoh Soal dan Pembahasan
1. Perhatikan gambar jaring-jaring makanan berikut.
Jika ulat dibasmi oleh petani, hal yang akan terjadi pada ekosistem adalah ....
A. Tanaman berbunga berkembang pesat, sedangkan belalang semakin berkurang
B. Burung pipit semakin banyak, sedangkan katak semakin berkurang
C. Tikus semakin berkurang, sedangkan elang semakin banyak
D. Sawi dan belalang jumlahnya meningkat pesat
Pembahasan:
Jika ulat banyak dibasmi oleh petani, hal yang akan terjadi adalah tanaman berbunga dan sawi semakin berkembang. Sementara itu, burung pipit yang awalnya memakan ulat dan belalang, hanya akan memakan belalang saja.
Jawaban: A
2. Pola interaksi makhluk hidup pada tanaman anggrek dengan tanaman mangga bersifat ....
A. Simbiosis mutualisme
B. Simbiosis komensalisme
C. Netralisme
D. Kompetisi
Pembahasan:
Tanaman anggrek menempel pada tanaman inang untuk mendapatkan cahaya matahari. Sementara itu, tanaman mangga tidak mengalami kerugian.
Jawaban: B
3. Seorang siswa meletakkan tanaman sirih di dekat sebuah pohon. Setelah beberapa hari, siswa tersebut menemukan bahwa tanaman sirih tersebut telah melilit pohon di dekatnya. Interaksi yang terjadi antara kedua tanaman tersebut disebut ... karena ...
A. komensalisme; tanaman sirih memperoleh cahaya sedangkan pohon tidak mengalami kerugian
B. mutualisme; kedua tanaman memperoleh keuntungan
C. netralisme; kedua tanaman tidak saling mengganggu
D. parasitisme; tanaman sirih merugikan pohon
Pembahasan:
Interaksi yang terjadi antara tanaman sirih dengan pohon tersebut adalah interaksi komensalisme karena tanaman sirih memperoleh keuntungan berupa cahaya matahari, sedangkan pohon tidak mengalami kerugian.
Jawaban: A
Demikianlah materi yang bisa admin bagikan kali ini semoga dapat membantu peserta didik dalam memahami tentang klasifikasi makhluk hidup. Admin juga berharap bahwa peserta didik memiliki persiapan yang matang untuk menghadapi ujian yang semakin mendekat agar mendapatkan nilai yang maksimal dan memuaskan. Selamat belajar, semoga berhasil.