Kumpulan Materi IPA Untuk SMP dan SMA K13

Soal IPA Kelas 8 Dilengkapi Kunci Jawaban | Sistem Gerak pada Manusia Uraian

Soal Uraian Sistem Gerak pada Manusia - Kali ini admin akan membagikan beberapa soal uraian atau essay yang berkaitan dengan subtopik sistem gerak pada manusia untuk mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) kelas 8. Soal-soal ini dirancang sedemikian rupa untuk membantu para peserta didik dalam mempelajari sistem gerak pada manusia yang tentunya sudah dilengkapi dengan pembahasan atau kunci jawaban sehingga menjadi mudah untuk dipelajari.

Soal Uraian Sistem Gerak pada Manusia | Ulangan Harian IPA Kelas 8

Soal Uraian dan Pembahasan

1. Jelaskan ciri-ciri tulang rawan dan berikan contoh tulang yang tersusun atas tulang rawan!

Pembahasan:
Tulang rawan memiliki banyak serat berkolagen yang tertanam dalam suatu matriks. Adanya kolagen mengakibatkan tulang rawan bersifat lentur (elastis). Contoh tulang rawan yaitu tulang pipa (cakra epifisis), daun telinga, dan cuping hidung.

2. Pak Suhaimi meminta anaknya yang berusia 8 tahun agar sering berjemur pada pagi hari. Beliau mengatakan bahwa hal itu dapat mencegah terbentuknya tulang kaki seperti huruf O. Benarkah pernyataan pak Suhaimi tersebut? Jelaskan pendapatmu!

Pembahasan:

Sinar matahari dapat mengaktifkan provitamin D di bawah kulit menjadi vitamin D. Tercukupinya kebutuhan vitamin D pada masa pertumbuhan dapat mencegah terjadinya penyakit rakitis. Penyakit ini mengakibatkan tulang menjadi rapuh dan bentuk tulang kaki menjadi seperti huruf O atau X.

3. Dodi mempunyai adik berusia 3 bulan. Dodi memperhatikan bentuk kepala adiknya mengalami perubahan dari waktu ke waktu. Beberapa saat setelah lahir, kepala adiknya berbentuk agak lonjong. Namun, setelah 3 bulan, bentuk kepala adiknya semakin membulat. Mengapa bentuk kepada adik Dodi dapat berubah?

Pembahasan:

Tulang tengkorak bayi tersusun atas tulang rawan (kartilago) yang bersifat lentur karena mengandung banyak serat berkolagen. Pada waktu lahir, bentuk tengkorak bayi menyesuaikan besar lubang panggul ibu sehingga dapat dilahirkan. Oleh karena itu, bentuk kepala bayi cenderung lonjong. Lama-kelamaan, tulang tengkorak ini mengeras dan bentuknya cenderung membulat.

4. Jelaskan ciri-ciri otot yang menempel pada rangka manusia!

Pembahasan:

Otot yang menempel pada rangka manusia termasuk otot lurik. Ciri-ciri otot lurik sebagai berikut.
  • Berbentuk memanjang, silindris, dan ujung tumpul (serabut).
  • Inti sel berjumlah banyak dan terletak di tepi.
  • Terdapat garis melintang.
  • Bekerja secara volunter (sesuai kehendak)
  • Kontraksi cepat, tetapi mudah lelah.
  • Menempel pada rangka atau tulang.

5. Jelaskan kerja otot secara sinergis! Berikan contohnya!

Pembahasan:

Otot sinergis merupakan otot-otot yang saling bekerja sama. Otot-otot tersebut berkontraksi dan berelaksasi bersama-sama. Contohnya otot-otot antartulang rusuk bekerja sama ketika menarik napas.

6. Jelaskan tiga jenis kelainan yang dapat terjadi pada alat gerak aktif!

Pembahasan:

Jenis kelainan yang dapat terjadi pada alat gerak aktif antara lain:
  • Atrofi yaitu mengecilnya ukuran otot karena otot tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama.
  • Hipertrofi yaitu ukuran otot yang bertambah besar karena aktivitas otot yang kuat.
  • Kaku leher (stiff) yaitu otot pada leher meradang karena adanya gerakan hentakan.

7. Apakah yang dimaksud dengan sendi? Jelaskan jenis-jenis sendi!

Pembahasan:

Sendi adalah pertemuan dua buah atau beberapa tulang. Jenis-jenis sendi terdiri atas:
  • Sinarthrosis: persendian yang tidak memungkinkan atau sedikir terjadinya gerakan. Sinarthrosis dibagi menjadi dua golongan yaitu: a) Sinfibrosis (sendi mati) yakni sinarthrosis yang tulangnya dihubungkan oleh jaringan ikat serabut, b) Sinkondrosis (sendi kaku) yakni sinarthrosis yang tulangnya dihubungkan oleh tulang rawan.
  • Diarthrosis (sendi gerak): persendian yang memungkinkan banyak gerakan.

8. Jelaskan perbedaan ciri-ciri ketiga otot berikut!
Soal Uraian Sistem Gerak pada Manusia | Ulangan Harian IPA Kelas 8

Pembahasan:
  • Otot polos, berbentuk gelendong, memanjang, ujung lancip, jumlah inti sel satu terletak di tengah, tidak mempunyai garis melintang, dan bekerja secara involunter (di luar kehendak kita).
  • Otot lurik/otot serat lintang/otot rangka, berbentuk memanjang, silindris, ujung tumpul (serabut), jumlah inti sel banyak, terletak di tepi, terdapat garis melintang, bekerja secara volunter (atas kemauan kita)
  • Otot jantung, berbentuk memanjang, silindris, serabut (sel) bercabang dan menyatu, jumlah inti sel banyak, terletak di tengah, terdapat garis melintang, memiliki discus interkalaris yaitu pertemuan dua sel yang tampak gelap jika dilihat dengan mikroskop, dan bekerja secara involunter (di luar kesadaran kita)
9. Pak Adi berusia 45 tahun. Beberapa hari yang lalu beliau mengalami kecelakaan saat mengendarai sepeda motor bersama anaknya, yaitu Dito. Usia Dito sekitar 3 tahun. Dalam kecelakaan itu, Pak Adi dan Dito mengalami patah tulang. Oleh karena itu, keduanya harus menjalani operasi. Apakah keduanya masih bisa disembuhkan? Siapakah yang akan lebih cepat sembuh?

Pembahasan:

Tulang mempunyai kemampuan membentuk jaringan baru untuk memperbaiki jaringan yang rusak. Oleh karena itu, penderita patah tulang masih dapat sembuh kembali. Namun, patah tulang pada anak-anak lebih mudah disembuhkan dibandingkan dengan orang dewasa. Hal ini disebabkan tulang anak-anak banyak mengandung kolagen dan masih mengalami pertumbuhan. Jadi, Dito akan lebih cepat sembuh dibandingkan Pak Adi.

10. Gambar berikut menunjukkan struktur sendi kaku.
Soal Uraian Sistem Gerak pada Manusia | Ulangan Harian IPA Kelas 8
a. Jelaskan yang dimaksud sendi kaku!
b. Sebutkan nama bagian-bagian yang diberi nomor 1 - 4!
c. Sebutkan contoh sendi kaku pada manusia!

Pembahasan:

a. Sendi kaku adalah persendian yang memungkinkan terjadinya sedikit gerakan. Pada sendi kaku, tulang-tulang dihubungkan oleh tulang rawan.

b. 1 = tulang keras
    2 = tulang rawan
    3 = serabut-serabut penghubung tulang
    4 = sumsum tulang

c. Sendi pada ruas-ruas tulang belakang dan hubungan tulang rusuk dengan tulang dada.


Demikianlah soal latihan yang bisa admin bagikan untuk menunjang pembelajaran peserta didik. Kiranya soal di atas dapat memberikan pengaruh yang positif bagi perkembangan pembelajaran peserta didik di sekolah. 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Soal IPA Kelas 8 Dilengkapi Kunci Jawaban | Sistem Gerak pada Manusia Uraian