Kumpulan Materi IPA Untuk SMP dan SMA K13

Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan | Materi IPA Kelas 8

Struktur dan Fungsi Organ Tumbuhan - Pada postingan admin kali ini, admin akan membagikan materi ilmu pengetahuan alam kelas delapan yaitu struktur dan fungsi organ pada tumbuhan.  Materi struktur dan fungsi organ pada tumbuhan ini, disajikan secara ringkas dan lebih sederhana agar memudahkan peserta didik khususnya kelas delapan dalam mempelajari ilmu pengetahuan alam. Admin berharap postingan ini dapat membantu dan mengatasi kesulitan yang mungkin dihadapi peserta didik pada saat proses pembelajaran di sekolah dalam mempelajari materi struktur dan fungsi organ pada tumbuhan kelas delapan.

Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan | Materi IPA Kelas 8

A. STRUKTUR DAN FUNGSI ORGAN TUMBUHAN
Organ pada tumbuhan terdiri atas akar, batang, dan daun yang memiliki struktur dan fungsinya masing-masing.
Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan | Materi IPA Kelas 8
1. Akar
Akar merupakan bagian paling bawah pada tumbuhan yang berfungsi menambatkan dan memperkokoh berdirinya tumbuhan, menyerap air dan garam mineral, tempat menyimpan cadangan makanan, dan bernapas. Struktur anatomi akar adalah sebagai berikut:
a. Epidermis tersusun dari satu lapisan yang rapat, tidak memiliki ruang antarsel, dinding sel tipis, dan tidak mudah ditembus air. Epidermis akar membentuk rambut-rambut akar dengan fungsi memperluas bidang penyerapan serta menyerap air dan garam mineral.
Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan | Materi IPA Kelas 8
b. Korteks terdiri atas sel-sel parenkim yang berfungsi menyimpan cadangan makanan dan berperan dalam pertukaran zat.
c. Endodermis merupakan lapisan korteks yang paling dalam. Lapisan ini merupakan pemisah antara korteks dan silinder pusat.
d. Silinder pusat (stele) merupakan bagian terdalam dari akar. Lapisan terluar dari stele disebut perikambium. Sel perikambium bagian luar selalu membelah membentuk cabang akar.

2. Batang
Batang berfungsi menegakkan tubuh tumbuhan, menghubungkan akar dan daun, sebagai alat perkembangbiakan vegetatif, serta sebagai penyimpan cadangan makanan. Struktur anatomi batang, antara lain sebagai berikut:
a. Epidermis tersusun dari selapis sel yang rapat tanpa ruang antarsel, dan lapisan kutikula di sebelah luar. Kutikula dapat melindungi batang agar tidak terjadi kekeringan. Aktivitas kambium gabus berguna untuk melakukan pertukaran gas melalui celah sel yang disebut lentisel.
b. Korteks tersusun dari sel yang tipis, tidak teratur, dan banyak ruang antarsel. Selain itu, terdapat jaringan kolenkim dan sklerenkim yang berfungsi sebagai penyokong.

Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan | Materi IPA Kelas 8
c. Stele/silinder pusar memiliki lapisan terluar yang disebut perisikel. Di sebelah dalam, terdapat sel parenkim dan berkas pengangkut, yaitu xilem dan floem. Xilem berfungsi mengangkut air dan garam mineral dari akar ke daun, sedangkan floem mengedarkan hasil fotosintesis dari daun menuju seluruh tubuh tumbuhan. Letak pembuluh angkut pada tumbuhan monokotil tersebar dengan letak xilem dan floem berdampingan. Pada tumbuhan dikotil, pembuluh angkut tersusun teratur dengan xilem di dalam dan floem di luar.

3. Daun
Daun umumnya berwarna hijau, berbentuk lebar, dan pipih. Susunan daun dibedakan menjadi daun tunggal (apabila pada tangkai daun, terdapat satu helai daun) dan daun majemuk (apabila terdapat beberapa helai daun pada satu tangkai daun). Struktur anatomi daun adalah sebagai berikut:
a. Epidermis terdapat di permukaan atas maupun bawah.
b. Mesofil terletak di antara epidermis atas dan bawah. Pada tumbuhan dikotil, mesofil berdiferensiasi menjadi jaringan tiang dan bunga karang, sedangkan pada tumbuhan monokotil, tidak berdeferensiasi dan bentuknya seragam. Jaringan tiang mengandung kloroplas yang berfungsi dalam proses fotosintesis.
c. Berkas pengangkut terdapat di anatara jaringan bunga karang. Berkas pengangkut terdapat pada tulang daun. Fungsi berkas pengangkut untuk mengangkut air dan garam mineral dari tanah dan mengedarkan hasil fotosintesis ke seluruh tubuh tumbuhan.

Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan | Materi IPA Kelas 8
Secara umum, ciri morfologi yang membedakan antara tumbuhan dikotil dan monokotil dapat dilihat pada tabel berikut.
Pembeda
Monokotil
Dikotil
Keping biji
Satu
Dua
Akar
Serabut
Tunggang
Batang
Tidak berkambium
Berkambium
Tulang daun
Sejajar atau melengkung
Menyirip atau menjari
Bunga
3 atau kelipatannya
2, 5, atau kelipatannya

Demikianlah ringkasan materi yang admin bisa bagikan pada kesempatan kali ini tentang struktur dan fungsi organ pada  tumbuhan. Untuk melihat contoh soal dan berlatih beberapa soal tentang materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan dapat klik link di bawah ini.


Link di atas sudah dilengkapi dengan kunci jawaban atau pembahasan dari setiap soal sehingga mudah untuk dipelajari. Semoga dengan adanya postingan ini, para peserta didik bisa sedikit terbantu dalam mempelajari materi struktur dan fungsi organ tumbuhan kelas delapan mata pelajaran ilmu pengetahuan alam. Semoga bermanfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan | Materi IPA Kelas 8