Kumpulan Materi IPA Untuk SMP dan SMA K13

Soal dan Pembahasan Zat Adiktif dan Psikotropika serta Pencemaran | Soal UN IPA SMP 2020

Soal dan Pembahasan Zat Adiktif dan Psikotropika serta Pencemaran | Berikut admin akan bagikan contoh soal dan pembahasan zat adiktif dan psikotropika agar peserta didik bisa mempelajari kisi-kisi terkait yang diprediksi akan muncul di Ujian Nasional SMP 2020 mata pelajaran IPA.

Soal dan Pembahasan Zat Adiktif dan Psikotropika serta Pencemaran | Soal UN IPA SMP 2020

Soal dan Pembahasan:

1. Seorang pengguna narkoba memiliki gejala sebagai berikut.
    (1) Sulit mengantuk
    (2) Denyut jantung cepat
    (3) Selalu berhalusinasi
    (4) Percaya diri
Ciri fisik yang ditimbulkan pengguna ganja ditunjukkan oleh nomor ....
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (4)
C. (2) dan (3)
D. (3) dan (4)

Pembahasan:
Ciri fisik adalah ciri yang berhubungan dengan fisik seseorang, misalnya sulit mengantuk dan denyut jantung cepat. Adapun ciri psikis merupakan ciri yang berhubungan dengan perasaan atau pikiran, misalnya selalu berhalusinasi dan percaya diri.

Jawaban:A

2. Putaw, morfin, dan heroin merupakan jenis narkoba yang sangat berbahaya karena dapat menyebabkan kematian. Cara kerja ketiga jenis narkoba tersebut adalah menekan sistem saraf pusat dan mengurangi aktivitas fungsional tubuh. Putaw, morfin, dan heroin merupakan psikotropika jenis ....
A. Sedatif
B. Depresan
C. Stimulan
D. Halusinogen

Pembahasan:
Putaw, morfin, dan heroin dapat menyebabkan seseorang merasa tenang, tertidur, bahkan tidak sadarkan diri. Jenis tersebut termasuk dalam golongan depresan yang memiliki cara kerja menekan sistem saraf sehingga pengguna menjadi tidak sadar.

Jawaban: B

3. Perhatikan gejala pengguna narkotika berikut.
    (1) Muka pucat
    (2) Sikap acuh tak acuh
    (3) Badan kurus kering
    (4) Bersikap tertutup dan sering curiga
Ciri psikis seorang pengguna narkotika ditunjukkan oleh nomor ....
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (2) dan (4)
D. (3) dan (4)

Pembahasan:
Ciri psikis seseorang berkaitan dengan perasaan dan akan diwujudkan dalam bentuk tingkah laku. Seseorang yang memiliki perilaku tidak wajar biasanya disebabkan oleh kondisi psikis orang tersebut yang sedang terganggu. Ciri psikis ditunjukkan oleh nomor (2) dan (4).

Jawaban: C

4. Seseorang yang biasa meminum kopi akan selalu mengonsumsinya setiap hari. Hal tersebut karena kopi mengandung zat yang menyebabkan adiksi, yaitu ....
A. Theine
B. Kafein
C. Teofillin
D. Teobromina

Pembahasan:
Kopi mengandung kafein yang menyebabkan seseorang mengalami adiksi (ketagihan) sehingga seseorang memiliki kecenderungan harus selalu meminumnya. Namun demikian, jika dikonsumsi dalam jumlah wajar, kopi tidak berbahaya bagi tubuh bahkan dapat mencegah terjadinya beberapa penyakit, seperti parkinson, kanker usus, dan sakit kepala.

Jawaban: B

5. Sebagai penerus bangsa Indonesia, generasi muda harus menghindarkan diri dari NAPZA (narkotika, psikotropika, dan zat adiktif lainnya). Cara yang tepat untuk menghindarkan diri dari pengguna NAPZA, yaitu ....
A. Memasukkan pengguna NAPZA ke panti rehabilitasi
B. Menghukum pengguna dan pengedar NAPZA dengan hukuman yang seberat-beratnya
C. Mengikut penyuluhan-penyuluhan tentang bahaya penggunaan NAPZA
D. Menjauhkan diri dari pengguna NAPZA

Pembahasan:
Dengan mengikuti penyuluhan-penyuluhan tentang bahaya pengguna NAPZA, generasi muda akan memperoleh gambaran mengenai apa itu NAPZA dan bahaya penggunaannya. Oleh karena itu, setelah mengikuti penyuluhan-penyuluhan tersebut, diharapkan generasi muda telah memahami bahaya penggunaan NAPZA bagi kesehatan dan masa depan mereka sehingga akan berusaha sebaik mungkin untuk menghindarkan dari NAPZA.

Jawaban: C

6. Penggunaan morfim umum dilakukan untuk menekan rasa sakit pada pasien. Morfin merupakan salah satu zat yang termasuk psikotropika golongan ....
A. Depresan
B. Euforia
C. Halusinogen
D. Stimulan

Pembahasan:
Morfin termasuk ke dalam psikotropika jenis depresan. Prinsip kerja morfin adalah menurunkan ketegangan saraf. Morfin umumnya digunakan untuk mengobati penyakit kejiwaan dan menekan rasa sakit pada pasien.

Jawaban: A

7. Perhatikan beberapa zat berikut.
    (1) Karet sintetis
    (2) E. coli
    (3) Detergen
    (4) Pecahan kaca
Zat yang termasuk dalam pencemar fisik ditunjukkan oleh nomor ....
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (4)
C. (2) dan (3)
D. (3) dan (4)

Pembahasan:
Zat pencemar fisik adalah zat cair, padat, atau gas yang dapat menimbulkan pencemaran. Contohnya adalah karet sintetis dan pecahan kaca.

Jawaban: B

8. Salah satu zat pencemar atau polutan yang berbahaya adalah timbel yang biasanya digunakan untuk bahan cat. Timbel disebut sebagai zat pencemar yang berbahaya karena ....
A. Digunakan untuk konstruksi bangunan
B. Jika terpapar akan menganggu sistem kerja organ manusia
C. Mudah didapatkan di pasaran
D. Jika terhirup ke dalam tubuh tidak akan merusak sistem organ

Pembahasan:
Jika terpapar, timbel dapat mengganggu kerja berbagai macam organ sehingga akan sangat mempengaruhi sistem saraf dan menimbulkan nefropati.

Jawaban: B

Demikianlah yang admin bisa bagikan kali ini, semoga bermanfaat bagi peserta didik untuk mempersiapkan diri mengikuti ujian nasional. Jangan bosan untuk belajar dan berlatih.



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Soal dan Pembahasan Zat Adiktif dan Psikotropika serta Pencemaran | Soal UN IPA SMP 2020