Kumpulan Materi IPA Untuk SMP dan SMA K13

Sistem Pencernaan Manusia | Saluran Pencernaan, Kelainan dan Penyakit pada Sistem Pencernaan

Sistem pencernaan manusia - Kali ini admin akan membagikan materi tentang sistem pencernaan manusia yang membahas materi seputar saluran pencernaan pada manusia dan kelainan yang bisa terjadi pada pencernaan manusia serta penyakit yang bisa menyerang sistem pencernaan. Admin berharap postingan kali ini bisa membantu peserta didik dalam mempelajari materi tentang sistem pencernaan manusia serta memberikan dampak yang positif bagi perkembangan pembelajaran di sekolah.



Sistem Pencernaan Manusia

Saluran pernapasan manusia terdiri atas mulut (oris), tekak (faring), kerongkongan (esofagus), lambung (ventrikulus), usus dua belas jari (duodenum), usus tengah (jejunum), usus halus (ileum), usus kasar (intestinum crassum), dan muara pelepasan (anus).

1. Saluran Pencernaan

a. Mulut

Di dalam mulut, terdapat gigi, lidah, dan kelenjar ludah. Gigi terbentuk dari tulang gigi (dentin) yang terdiri atas mahkota gigi, leher, dan akar gigi. Gigi manusia terdiri atas tiga jenis, yaitu gigi seri (memotong makanan), gigi taring (mengoyak makanan), dan gigi geraham (menguyah makanan).

Di mulut, terjadi pencernaan secara kimia dan mekanis. Pencernaan mekanis, yaitu pencernaan yang melibatkan alat dalam mencerna makanan. Pencernaan kimia merupakan pencernaan yang melibatkan enzim pencernaan. Di mulut, pencernaan dibantu oleh enzim ptialin yang berfungsi untuk memecah amilum menjadi gula maltosa. Sementara itu, pencernaan mekanis dilakukan oleh gigi dan lidah.

Untuk membuktikan adanya pencernaan amilum oleh air liur, dilakukan percobaan sebagai berikut.

Pada nomor (1), nasi yang telah diletakkan pada tabung reaksi ditambahkan dengan air liur. Kemudian, nasi tersebut ditetesi dengan larutan Benedict atau Fehling A + B setelah beberapa menit didiamkan. Pada nomor (2), campuran tersebut dibakar sehingga menunjukkan warna merah bata. Warna merah bata mengindikasikan adanya pencernaan amilum. Amilum tersebut dicerna oleh enzim ptialin atau amilase yang ada di air liur menjadi glukos.

b. Lambung
Getah lambung mengandung asam klorida (HCl), enzim pepsin, dan renin. HCl berfungsi mengaktifkan pepsinogen menjadi pepsin dan membunuh bakteri yang merugikan. Enzim pepsin berfungsi mengubah protein menjadi pepton, sedangkan renin mengendapkan protein susu (kasein).


c. Usus
Usus terdiri atas tiga bagian, yaitu usus dua belas jari (duodendum), usus tengah (jejunum), dan usus halus (ileum). Di dalam usus, terdapat enzim disakarase, lipase, dan erepsin. Enzim disakarase berfungsi mengubah disakarida menjadi monosakarida, sedangkan erepsin dan tripsin memecah pepton menjadi asam amino. Enzim tripsin, amilase, dan lipase dihasilkan oleh pankreas.

d. Usus besar
Bahan makanan yang telah mengalami pencernaan dan penyerapan di usus halus masuk ke dalam usus besar. Usus besar terdiri atas usus buntu (appendix), bagian yang menaik (ascending colon), bagian mendatar (transverse colon), dan anus. Usus besar berfungsi untuk mengatur kadar air pada sisa makanan. Di dalam usus besar, terdapat bakteri Escherichia coli yang membantu pembusukan.

2. Kelainan dan Penyakit pada Sistem Pencernaan



Beberapa penyakit yang bisa menyerang sistem pencernaan, antara lain sebagai berikut:
  • Parotitis (penyakit gongong) disebabkan oleh virus yang menyerang kelenjar ludah di bagian bawah telinga. Akibatnya, kelenjar ludah membengkak.
  • Xerostomia, yaitu mulut kering karena rendahnya produksi air liur.
  • Tukak lambung/maag, yaitu luka pada dinding lambung bagian dalam.
  • Apendiksitis atau biasa disebut usus bantu.
  • Diare, yaitu terganggunya penyerapan air di usus besar.
  • Konstipasi disebut juga sembelit.

Demikianlah postingan admin kali ini tentang sistem pencernaan pada manusia dan kelainan serta penyakit yang bisa menyerang sistem pencernaan pada manusia. Untuk melihat contoh soal beserta kunci jawaban dan pembahasan dari setiap soal, dapat mengunjungi link berikut.



Kiranya postingan ini bisa bermanfaat bagi peserta didik dalam belajar tentang sistem pencernaan pada manusia. Dan semoga postingan ini bisa memberi dampak yang positif bagi perkembangan pendidikan di sekolah khususnya mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas 8. Sekian dan terima kasih.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Sistem Pencernaan Manusia | Saluran Pencernaan, Kelainan dan Penyakit pada Sistem Pencernaan