Kumpulan Materi IPA Untuk SMP dan SMA K13

Soal dan Pembahasan Sistem Peredaran Darah pada Manusia

Soal dan Pembahasan Sistem Peredaran Darah pada Manusia - Materi sistem peredaran darah pada manusia telah admin rangkum pada postingan sebelumnya dan saat ini admin akan memposting beberapa contoh soal yang berbentuk pilihan ganda, akan tetapi sudah dilengkapi dengan penjelasan atau pembahasan dari setiap butir soal yang akan memudahkan peserta didik dalam memahami materi sistem peredaran darah pada manusia. Dengan adanya beberapa latihan soal ini, diharapkan para peserta didik lebih bersemangat dalam belajar ilmu pengetahuan alam khususnya kelas 8.

Soal dan Pembahasan Sistem Peredaran Darah pada Manusia

Soal dan Pembahasan

1. Perhatikan gambar berikut!
Soal dan Pembahasan Sistem Peredaran Darah pada Manusia
Urutan peredaran darah kecil yang benar adalah ....
A. 1 - 5 - 4 - 3
B. 1 - 6 - 4 - 3
C. 3 - 4 - 5 - 1
D. 3 - 6 - 2 - 1

Pembahasan:
Peredaran darah kecil dimulai dari ventrikel/bilik kanan (1) - pulmo/paru-paru (5) - atrium/serambi kiri (4) - ventrikel/bilik kiri (3).

Jawaban: A

2. Perhatikan gambar peredaran darah berikut.

Soal dan Pembahasan Sistem Peredaran Darah pada Manusia
Pertukaran O₂ dari darah dengan CO₂ dari jaringan serta pertukaran nutrisi, ccairan, dan hormon terjadi pada bagian ... yang ditunjukkan oleh nomor ....
A. kapiler; 1
B. venula; 2
C. arteriol; 3
D. arteriovena; 4

Pembahasan:
Pertukaran O₂ dari darah dengan CO₂  dari jaringan serta pertukaran nutrisi, cairan dan hormon terjadi pada bagian kapiler. Kapiler ditunjukkan oleh nomor 1.

Jawaban: A

3. Perhatikan ciri-ciri pembuluh darah berikut
1) Kaya akan karbon dioksida.
2) Memiliki dinding yang elastis dan tebal.
3) Membawa darah keluar dari jantung.
4) Terletak di dekat permukaan kulit.
Pembuluh arteri memiliki ciri-ciri yang ditunjukkan oleh nomor ....
A. 1) dan 2)
B. 1) dan 4)
C. 2) dan 3)
D. 3) dan 4)

Pembahasan:
Perbedaan antara pembuluh darah arteri dan vena adalah sebagai berikut.

Faktor Pembeda
Arteri
Vena
Aliran darah
Keluar dari jantung
Masuk menuju jantung
Dinding
Tebal dan elastis
Tipis dan kurang elastis
Jumlah dan letak katup
Satu, di dekat jantung
Banyak, disepanjang pembuluh
Denyut
Jika diraba, denyut terasa jelas
Jika diraba, denyut tidak terasa
Letak
Di bagian dalam tubuh
Dekat permukaan tubuh
Tekanan
Kuat, jika terluka, darah akan memancar
Lemah, jika terluka, darah akan menetes

Jawaban: C

4. Perhatikan gambar berikut.

Soal dan Pembahasan Sistem Peredaran Darah pada Manusia
Suatu pembuluh darah memiliki ciri-ciri elastis, tebal, lentur, dan berisi darah yang kaya O₂ , serta jika diraba, denyutnya jelas terasa. Pembuluh darah tersebut berasal dari bagian jantung yang ditunjukkan oleh nomor ....
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4

Pembahasan:
Ruang jantung nomor 3 dan 4 berisi darah yang kaya akan CO₂ , sedangkan ruang nomor 1 dan 2 berisi darah yang kaya akan O₂ . Vena tubuh membawa darah yang kaya CO₂  masuk menuju serambi kanan jantung (3), sedangkan darah dari bilik kanan (4) keluar dari jantung dengan membawa CO₂  menuju paru-paru. Di dalam paru-paru, terjadi pertukaran CO₂  dengan O₂ . Darah yang kaya O₂ dibawa oleh vena pulmonalis menuju serambi kiri (1). Darah selanjutnya dipompa dengan kuat oleh jantung hingga keluar dari bilik kiri jantung (2) ke arteri menuju seluruh tubuh dengan membawa O₂ .

Jawaban: B

5. Seorang pasien diketahui mengalami penyakit keturunan berupa kelainan pada sel darah merah. Sel darah merah pasien memiliki ciri-ciri cepat rusak, kekurangan oksigen, dan berumur lebih pendek dari sel darah merah normal. Berdasarkan uraian tersebut, dapat disimpulkan bahwa pasien mengalami ....
A. arteriosklerosis
B. talasemia
C. hemofilia
D. leukimia

Pembahasan:
  • Arteriosklerosis merupakan penyempitan pembuluh darah akibat sumbatan plak-plak yang disebabkan oleh beberapa hal, seperti kolesterol dan radikal bebas, sehingga menghambat aliran darah.
  • Talasemia merupakan penyakit keturunan berupa kelainan sel darah merah. Sel darah merah penderita memiliki ciri bentuk tidak normal, cepat rusak, kekurangan oksigen, dan berumur pendek. Oleh karena itu, penderita memerlukan transfusi darah seumur hidupnya.
  • Hemofilia merupakan penyakit keturunan berupa kelainan dalam proses pembekuan darah sehingga darah sukar membeku.
  • Leukimia merupakan kelainan produksi leukosit yang menyebabkan penderita memproduksi , leukosit dalam jumlah terlalu banyak.
Jawaban: B

Demikianlah postingan admin kali ini yang memberikan beberapa soal pilihan ganda yang dilengkapi dengan pembahasan serta kunci jawaban dari setiap butir soal. Semoga postingan admin kali ini bisa membantu peserta didik dalam mempelajari materi sistem peredaran darah pada manusia. Semoga bermanfaat, sekian, dan terima kasih.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Soal dan Pembahasan Sistem Peredaran Darah pada Manusia